Juknis Penggunaan PMM untuk Akses Fitur Sertifikasi Pendidik Bagi Guru Tertentu

Petunjuk Teknis Juknis Penggunaan PMM untuk Akses Fitur Sertifikasi Pendidik Bagi Guru Tertentu


Berikut ini File PDF tentang  Petunjuk Teknis Juknis Penggunaan PMM untuk Akses Fitur Sertifikasi Pendidik Bagi Guru Tertentu, yang berisi penjelasan tentang Cara Mengakses Fitur Sertifikasi Pendidik, Cara Mengatasi Kendala Akses Sertifikasi Pendidik, Cara Mengetahui Rumpun Bidang Studi dan Cek Apakah Rumpun Bidang Studi Anda Sudah Sesuai, Alur Mempelajari Modul pada Fitur Sertifikasi Pendidik, Cara Mempelajari Modul Pembelajaran, Cara Mengerjakan Post-Test, Cara Mengerjakan Jurnal Pembelajaran, dan Contoh mengerjakan Modul.

 

Sebagaimana diketahui Kemendikbud telah meluncurkan Piloting  PPG bagi Guru Tertentu hadir sebagai tindak lanjut dari Permendikbudristek No. 19 Tahun 2024 Tentang PPG. Perbedaan Piloting PPG bagi Guru Tertentu dan PPG Dalam Jabatan yang telah berjalan selama ini, terdapat pada sistem pembelajaran yang dilakukan pada pelaksanaan PPG bagi Guru Tertentu dan piloting yang tengah berjalan, yakni melalui penugasan terstruktur dan pembelajaran mandiri secara daring melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

 

Piloting  PPG bagi Guru Tertentu bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pembelajaran PPG bagi Guru Tertentu berjalan dengan baik sebelum diterapkan secara masif. Piloting PPG bagi Guru Tertentu direncanakan akan dilaksanakan di bulan 24 juli - 4 september 2024.

 

Piloting program PPG Bagi Guru Tertentu akan dibuka bagi  61.853 guru yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi pada tahun 2023 (memenuhi seluruh syarat peserta PPG); dipilah berdasarkan pemeringkatan usia dan riwayat terdata di Dapodik; dan dengan mempertimbangkan keterwakilan dari 38 provinsi.

 

Mekanisme pembelajaran Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 dilakukan melalui penugasan terstruktur dan pembelajaran mandiri secara daring melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada 24 Juli - 4 September 2024.

 

Selama masa Piloting PPG bagi Guru Tertentu, tentunya ada ada batasan waktu dalam pengerjaan Modul, latihan soal dan refleksi Jurnal Pembelajaran pada saat Piloting PPG bagi Guru Tertentu. Peserta Piloting PPG bagi Guru Tertentu diharapkan dapat mengikuti program pembelajaran mandiri yang didisain untuk dapat diselesaikan dalam waktu 6 (enam) minggu.

 

Semakin cepat peserta menyelesaikan pembelajaran, peserta bisa lebih awal untuk mendaftar Uji Kompetensi Peserta PPG (UKPPPG).

 

Namun, jika Bapak/Ibu guru tidak dapat menyelesaikan piloting PPG bagi Guru Tertentu karena berbagai kendala, maka Anda dapat melanjutkan dan menyelesaikan pembelajaran melalui PMM serta mendaftar dan mengikuti UKPPPG pada periode berikutnya.

 

Sasaran peserta pada Piloting PPG bagi Guru Tertentu adalah guru yang telah lolos seleksi administrasi 2023 (status "Disetujui", memenuhi seluruh syarat peserta PPG). Guru yang telah lolos ini dipilih berdasarkan sistem pemeringkatan usia dan masa kerja, serta bertugas pada satuan pendidikan di daerah yang ramah jaringan internet di sekitar ibu kota Provinsi/Kabupaten/Kota.

 

Perlu diketahui juga bahwa, Piloting PPG bagi Guru Tertentu dilakukan dalam skala yang lebih kecil, sehingga peserta Piloting PPG bagi Guru Tertentu juga disesuaikan dengan sebaran wilayah kerja untuk pemerataan perwakilan tiap daerah di Indonesia.

 

Untuk mengetahui Peserta Piloting PPG bagi Guru Tertentu lolos atau tidak, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui SIMPKB. Silahkan membuka akun SIMPKB untuk mengetahui apakah Bapak/Ibu termasuk peserta Piloting PPG bagi Guru Tertentu atau tidak.

 

Ada beberapa Kriteria dalam Pemilihan Sasaran Peserta dan Wilayah Piloting, diantaranya: Pertama, Kriteria pemilihan peserta: 1) Telah dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi pada tahun 2023 (memenuhi seluruh syarat peserta PPG); 2) Peserta dipilih berdasarkan pemeringkatan usia dan riwayat terdata di Dapodik; 3) Jumlah peserta diambil dengan mempertimbangkan keterwakilan dari 38 provinsi.

 

Kedua Kriteria pemilihan wilayah. Penyelenggaraan Piloting PPG bagi Guru Tertentu akan mencakup guru-guru yang ada di 217 Kabupaten/Kota di 38 Provinsi di seluruh Indonesia yang mana memiliki jaringan internet yang memadai.

 

Mekanisme pembelajaran Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 dilakukan melalui penugasan terstruktur dan pembelajaran mandiri secara daring melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

 

Selama masa Piloting PPG bagi Guru Tertentu, peserta diharapkan dapat mengikuti program pembelajaran mandiri yang didesain untuk dapat diselesaikan dalam waktu 6 (enam) minggu. Semakin cepat peserta menyelesaikan pembelajaran, peserta bisa lebih awal untuk mendaftar Uji Kompetensi Peserta PPG (UKPPPG) dan jika lulus akan mendapat Sertifikat Pendidik.

 

Namun, jika Bapak/Ibu guru tidak dapat menyelesaikan Piloting PPG bagi Guru Tertentu karena berbagai kendala, maka dapat melanjutkan dan menyelesaikan pembelajaran melalui PMM serta mendaftar dan mengikuti UKPPPG pada periode berikutnya.

 

Berikut ini gambar Petunjuk Teknis Penggunaan PMM untuk Akses Fitur Sertifikasi Pendidik Bagi Guru Tertentu

 



Link download

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis Juknis Penggunaan PMM untukAkses Fitur Sertifikasi Pendidik Bagi Guru Tertentu. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post
Free site counter


































Free site counter