Download Materi MOOC Latsar CPNS

Link download Materi MOOC Latsar CPNS
Link download Materi MOOC Latsar CPNS


Link download Materi MOOC Latsar CPNS. MOOC (Massive Online Open Course) merupakan aplikasi yang disediakan oleh LAN-RI untuk pelatihan mandiri secara daring dalam rangka persiapan Latihan Dasar (Latsar) CPNS yang akan dilaksanakan secara blended learning.

 

Platform MOOC CPNS adalah salah satu program dalam pelatihan dasar latsar untuk calon CPNS. Tujuan MOOC latsar adalah untuk membangun ASN yang profesional dan berkarakter dalam tugasnya, Dengan adanya MOOC CPNS, diharapkan para calon CPNS dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang mereka untuk berhasil dalam proses seleksi CPNS.

 

MOOC CPNS adalah platform Massive Open Online Course (MOOC) yang disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk mendukung persiapan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPNS). Tujuan utama dari MOOC CPNS adalah untuk memberikan pelatihan dan pembelajaran yang diperlukan bagi calon CPNS agar mereka dapat memenuhi persyaratan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam posisi mereka.

 

Beberapa fitur utama dari MOOC CPNS antara lain: 1) Materi Pelatihan Terstruktur. MOOC CPNS menyediakan materi pelatihan yang telah disusun secara sistematis sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh CPNS; 2) Akses Fleksibel. Platform ini dapat diakses kapan saja dan di mana saja, memungkinkan peserta untuk belajar sesuai dengan jadwal mereka sendiri. 3) Evaluasi dan Ujian. MOOC CPNS seringkali dilengkapi dengan evaluasi dan ujian untuk mengukur pemahaman peserta terhadap materi yang telah dipelajari. 4) Tersedia Sertifikat bagi yang lulus. Peserta yang berhasil menyelesaikan pelatihan dan lulus ujian biasanya akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam proses rekrutmen CPNS.

 

Metode MOOC ini dilakukan dengan pengumpulan thropy maksimal 50 thropy dengan mengulas tiap materi yang terdapat dalam aplikasi. Tampilan awal aplikasi MOOC ini tertera materi kebijakan dari Kepala LAN-RI, Deputi Pengembangan Kompetensi ASN, dan Admin Kepala Pusat Pembinaan Program yang memiliki nilai sebanyak 3 thropy. Materi pembelajaran terdiri dari agenda I - IV, dimana masing-masing agenda memiliki bobot thropy yang berbeda

 

Adapun materi yang terdapat dalam agenda I yakni wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara, analisis isu kontemporer, kesiapsiagaan bela negara. Pada agenda II terdapat materi berupa orientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif. Agenda III mempelajari mengenai bagaimana menjadi SMART ASN, dan Manajemen ASN. Kemudian di agenda IV memantapkan hasil pembelajaran dengan materi habituasi.

 

Tiap materi pada agenda-agenda terdapat materi berupa PDF dan PPT. Setelah mempelajari semua materi, peserta diharuskan melakukan evaluasi akademik dengan durasi waktu kurang lebih satu jam. Tahap MOOC ini dilakukan selama 16 hari secara mandiri tanpa meninggalkan tupoksi di satuan kerja masing-masing. 

 

Adapaun Pelatihan Dasar CPNS Blended Learning secara Daring melalui Massive Open Online Course (MOOC) secara daring adalah sebagai berikut:

a) Pembelajaran Mandiri. Saat Anda berada di tahap ini Komponen pertama pada Latsar CPNS yaitu adalah Pelatihan Mandiri secara Daring melalui Massive Open Online Course (MOOC). Aplikasi MOOC dikelola oleh LAN dan dapat diakses langsung oleh PNS dengan login dengan NIP dan NIK.

 

b) Pembelajaran Kolaboratif, Komponen kedua pada Latsar CPNS adalah Pelatihan Jarak Jauh atau Distance Learning terdiri dari e-learning dan aktualisasi di tempat kerja. Dalam tahap ini, CPNS didaftarkan oleh Lembaga Pelatihan untuk dapat mengakses e-learning dan mengikuti pembelajaran bersama pengampu materi, coach, dan kelompoknya. E-learning dikelola oleh LAN dan Lembaga Pelatihan.

 

c) Pembelajaran Klasikal. Komponen ketiga pada Latsar CPNS adalah pembelajaran klasikal dimana CPNS melakukan pembelajaran di kelas. Hal ini bertujuan untuk mencapai kompetensi yang tidak dapat dicapai dalam pembelajaran secara daring. Pembelajaran klasikal dilaksanakan di Lembaga Pelatihan.

 

d) Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas. Komponen keempat pada Latsar CPNS adalah Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) dimana pembelajaran fokus pada kebutuhan teknis sesuai bidang tugas CPNS. Adapun PKTBT dilaksanakan di instansi asal CPNS.

 

Materi MOOC Latsar CPNS pada semua jabatan pada umumnya sama seperti Modul Wawasan kebangsaan dan Nilai Bela Negara, Modul Analisis Isu Kontemporer, Modul Kesiapsiagaan Bela negara, Modul Akuntabel, Modul Berorientasi Pelayanan, Modul Kompeten, Modul Harmonis, Modul Loyal, Modul Adaptif, Modul Kolaboratif, Modul SMART ASN, Modul Manajemen ASN

 

Bagi Anda yang membutuhkan Contoh Jurnal MOOC CPNS Guru untuk penyelesaian salah satu tugas dalam mengikuti Materi MOOC Latsar CPNS silahkan download melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

AGENDA 1 - Modul Wawasan kebangsaan dan Nilai Bela Negara

AGENDA 1 - Modul Analisis Isu Kontemporer

AGENDA 1 - Modul Kesiapsiagaan Bela negara

AGENDA 2 - Modul Akuntabel

AGENDA 2 - Modul Berorientasi Pelayanan

AGENDA 2 - Modul Kompeten

AGENDA 2 - Modul Harmonis

AGENDA 2 - Modul Loyal

AGENDA 2 - Modul Adaptif

AGENDA 2 - Modul Kolaboratif

AGENDA 3 - Modul SMART ASN

AGENDA 3 - Modul Manajemen ASN


Demikian informasi tentang Link download Materi MOOC Latsar CPNS. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post
Free site counter


































Free site counter