Contoh KOSP KSP SMP Tahun Pelajaran 2024/2025

Contoh KOSP KSP SMP Tahun Pelajaran 2024/2025


Contoh KOSP KSP SMP Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka dan K13 untuk persyaratan akreditasi sekolah madrasah. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-   Nya sehingga Kurikulum Satuan Pendidikan SMP Tahun Ajaran 2024/2025 dapat tersusun. Kurikulum Satuan Pendidikan SMP Tahun Pelajaran 2024/2025 merupakan perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah yang dikembangkan sesuai dengan kondisi SMP Muhammadiyah Al Mujahidin serta saran Komite Sekolah. Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan SMP ini di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan.

 

Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan SMP Tahun Ajaran 2024/2025 ini mengacu pada Standar Nasional Pendidikan, konsep merdeka belajar, dan pengimplementasian profil pelajar Pancasila. Di samping itu, Kurikulum Satuan Pendidikan SMP merupakan pegangan bagi pengembangan iklim lingkungan belajar SMP.

 

Berikut ini Cuplikan Contoh KOSP KSP SMP Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka pada bagian Uraian Pengembanan Karakteristik Satuan Pendidikan pada SMP Muhammadiyah Al Mujahidin

 

Didirikannya SMP Muhammadiyah Al Mujahidin ini merupakan respon terhadap tingginya harapan masyarakat tentang perlunya lembaga pendidikan Islam berkualitas yang dapat menjamin mutu pendidikan agama dan akademik secara integral. Untuk menjaga kualitas pendidikan agama dan akademik, SMP ini  melaksanakan program pembelajaran dengan berpedoman pada Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah. Pelaksanaan kurikulum berasaskan Pancasila serta berakidah Islam, bersumber pada Alquran, dan sunah.

 

Perkembangan teknologi yang pesat merupakan peluang sekaligus tantangan dalam pendidikan. Penggunaan teknologi yang kurang tepat dapat membawa ke perilaku yang tidak diinginkan karena derasnya pengaruh dari luar. Berdasarkan permasalahan tersebut, SMP Muhammadiyah Al Mujahidin mengembangkan program Golden Habits. Program Golden Habits bertujuan mengarahkan peserta didik agar terbiasa melakukan penerapan kebiasaan baik. Orang tua dan guru dapat memantau program ini melalui aplikasi Golden Habits. Di samping itu, berbagai program unggulan dilaksanakan dalam rangka pengembangan diri peserta didik untuk berprestasi. Prestasi tersebut meliputi prestasi akademik maupun non-akademik. Hal tersebut menjadikan lulusan SMP Muhammadiyah Al Mujahidin unggul dalam prestasi dan berkarakter baik sesuai dengan norma sosial dan agama.

 

SMP Muhammadiyah Al Mujahidin memiliki dua program, yaitu program Full Day School dan Boarding School. Meskipun memiliki dua program yang berbeda, SMP Muhammadiyah Al Mujahidin mampu menyelaraskan kedua program tersebut.   Citra sebagai sekolah berbasis pesantren sangat berpeluang menjaring peserta didik dari luar Gunungkidul, mengingat sekolah Islam yang berkualitas dan bermutu sangat diminati oleh masyarakat. Sedangkan, melalui program Full Day School, SMP Muhammadiyah Al Mujahidin dapat memberikan ruang bagi peserta didik dan orang tua yang tinggal di wilayah Gunung kidul.

 

Kegiatan peserta didik di sekolah selama sehari penuh, memungkinkan terjadinya kejenuhan dan rasa tidak nyaman bagi peserta didik. Untuk mencegah permasalahan tersebut, dari segi sarana dan prasarana SMP Muhammadiyah Al Mujahidin memiliki fasilitas yang sangat memadai serta lebih unggul dari sekolah lain di Gunung

kidul. Ruang kelas didesain nyaman dengan beberapa fasilitas yang mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis digital. Adanya ruang baca perpustakaan dengan desain ala kafe. Dihadirkan pula Fitness Center di sekolah. Seluruh fasilitas yang ada di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin diberikan perawatan secara berkala.

 

Penyusunan kurikulum ini salah satunya sebagai bentuk komitmen SMP Muhammadiyah Al Mujahidin untuk mendukung upaya revolusi mental di bidang pendidikan. Tujuan dari revolusi mental di bidang pendidikan, khususnya bagi peserta didik SMP Muhammadiyah Al Mujahidin adalah mengoptimalkan perkembangan jiwa peserta didik baik lahir maupun batin untuk menuju ke arah peradaban yang lebih baik.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Contoh KOSP KSP SMP Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka. Link download KSP SMP MTS 2024-2025 (disini)

 

Demikian informasi tentang Contoh KOSP KSP SMP Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya, terima kasih atas kunjungan Anda.

 



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post
Free site counter


































Free site counter