Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Al Quran Hadits Kelas 11 MA Tahun 2025. Penilaian adalah upaya sistematik dan sistemik yang dilakukan melalui pengumpulan data atau informasi yang valid dan reliabel, dan selanjutnya data atau informasi tersebut diolah sebagai upaya melakukan pertimbangan untuk pengambilan kebijakan suatu program pendidikan. Penilaian merupakan langkah lanjutan dari pengukuran, informasi yang didapat dari pengukuran selanjutnya dideskripsikan dan ditafsirkan. Penilaian merupakan suatu proses pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui sebuah pengukuran. Penilaian adalah proses untuk mengetahui belajar mengajar, meningkatkan pembelajaran siswa, memindahkan fokus dari penilaian berdasarkan pengajaran menuju penilaian berdasarkan pembelajaran siswa.
Ada juga yang menyatakan
bahwa penilaian merupakan proses mengumpulkan informasi atau bukti-bukti
melalui kegiatan pengukuran, menafsirkan, mendeskripsikan, dan
menginterpretasikan semua bukti-bukti hasil pengukuran. Penilaian pada dasarnya
merupakan bagian kecil dari evaluasi, dan lebih luas dari pengukuran yang
meliputi kegiatan interpretasi dan representasi data pengukuran. Penilaian
merupakan kegiatan yang sistematis berkesinambungan guna mengumpulkan informasi
mengenai proses dan hasil belajar siswa
dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarakan kriteria dan pertimbangan
tertentu
Penilaian/Asesmen bukan
sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian/Asesmen
dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Selama ini,
seringkali Penilaian/Asesmen cenderung dilakukan hanya untuk mengukur hasil belajar
peserta didik. Sehingga, Penilaian/Asesmen diposisikan seolah-olah sebagai kegiatan
yang terpisah dari proses pembelajaran. Penilaian/Asesmen seharusnya dilaksanakan
melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (Penilaian/Asesmen akhir
pembelajaran), assessment for learning (Penilaian/Asesmen untuk pembelajaran),
dan assessment as learning (Penilaian/Asesmen sebagai pembelajaran).
Assessment of learning
merupakan Penilaian/Asesmen yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran
selesai. Proses pembelajaran selesai tidak selalu terjadi di akhir tahun atau
di akhir peserta didik menyelesaikan pendidikan pada jenjang tertentu. Setiap
pendidik melakukan Penilaian/Asesmen yang dimaksudkan untuk memberikan pengakuan
terhadap pencapaian hasil belajar setelah proses pembelajaran selesai, yang
berarti pendidik tersebut melakukan assessment of learning. Ujian Nasional,
ujian sekolah/madrasah, dan berbagai bentuk Penilaian/Asesmen sumatif merupakan
assessment of learning (Penilaian/Asesmen hasil belajar).
Assessment for learning
dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk
melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Pada assessment for learning
pendidik memberikan umpan balik terhadap proses belajar peserta didik, memantau
kemajuan, dan menentukan kemajuan belajarnya. Assessment for learning juga
dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk meningkatkan performa peserta didik.
Penugasan, presentasi, proyek, termasuk kuis merupakan contoh-contoh bentuk
assessment for learning (Penilaian/Asesmen untuk proses belajar).
Assessment as learning
mempunyai fungsi yang mirip dengan assessment for learning, yaitu berfungsi
sebagai formatif dan dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung.
Perbedaannya, assessment as learning melibatkan peserta didik secara aktif
dalam kegiatan Penilaian/Asesmen tersebut. Peserta didik diberi pengalaman
untuk belajar menjadi penilai bagi dirinya sendiri. Penilaian/Asesmen diri
(self assessment) dan Penilaian/Asesmen antar teman merupakan contoh assessment
as learning. Dalam assessment as learning peserta didik juga dapat dilibatkan dalam
merumuskan prosedur Penilaian/Asesmen, kriteria, maupun rubrik/pedoman Penilaian/Asesmen
sehingga mereka mengetahui dengan pasti apa yang harus dilakukan agar memperoleh
capaian belajar yang maksimal.
Selama ini assessment of
learning paling dominan dilakukan oleh pendidik dibandingkan assessment for
learning dan assessment as learning. Penilaian/Asesmen pencapaian hasil belajar
seharusnya lebih mengutamakan assessment as learningdan assessment for learning
dibandingkan assessment of learning,
Berikut ini adalah Contoh atau Latihan Soal Asesmen Sumatif
Akhir Tahun Al-Quran Hadits Kelas 11 MA Tahun 2025
1. Perhatikan ayat berikut!
يَايُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا قُوْا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لاَّيَعْصُوْنَ اللهَ مَا اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَايُؤْمَرُوْنَ (6)
Arti dari lafadz ayat yang bergaris bawah adalah ….
A. Hindarilah olehmu dari panasnya api neraka
B. Bahan bakar api neraka jahannam adalah manusia
C. Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka
D. Malaikat penjaga neraka sangat kasar dan keras
E. Hendaklah dirimu dan keluargamu menghindar dari api neraka
2. Interpretasi isi kandungan ayat قُوْا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا menurut Ibnu Abbas adalah ….
A. Ajarkan dirimu dan keluargamu kebaikan dan didiklah mereka
B. Takutlah dirimu kepada Allah dan perintahkanlah keluargamu bertaqwa kepada-Nya agar terhindar dari api neraka
C. Mulailah dari dirimu untuk melakukan kebaikan lalu ajak dan didik mereka melakukan kebaikan yang sama
D. Beramalah kamu dengan taat kepada Allah dan takutlah kamu akan maksiat kepada-Nya serta perintahkanlah keluargamu dengan mengingat Allah, niscaya Allah akan melepaskan kamu dari api neraka
E. Laranglah keluargamu melakukan sesuatu yang kamu dilarang melakukannya dan serulah mereka melakukan sesuatu yang kamu diperintahkan oleh Allah melakukannya.
3. Asbabun Nuzul Qs. Thaha ayat 132 adalah ….
A. Orang Yahudi memuji kesabaran Nabi Muhammad Saw
B. Keengganan umat Islam pada masa itu untuk mendirikan shalat
C. Para shahabat nabi belum menunjukkan kesabarannya dalam berdakwah
D. Orang Yahudi tidak mau meminjamkan tepung kepada Nabi saw tanpa jaminan
E. Orang Yahudi mengoalk-olok kemiskinan Nabi Muhammad saw
4. Allah SWT memerintahkan kepada nabi Muhammad Saw dan umatnya agar menyeru keluarganya mendirikan shalat sebagaimana perintah mendirikan shalat kepada dirinya dan agar bersabar dalam melaksanakannya.
ayat berikut yang kandunganya seperti di atas adalah …..
A. عَلَيْهَا مَلئِكَةٌ غِلاَظٌ شِدَادٌ لاَّيَعْصُوْنَ اللهَ مَا اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَايُؤْمَرُوْنَ
B. وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلاَةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا
C. فاَصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ وَاَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِيْنَ
D. لاَنَسْئَلُكَ رِزْقاً نَحْنُ نَرْزُقُكَ
E. اِنَّ الصَّلوةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
5. Malaikat merupakan Makhluk Allah yang paling patuh, mereka senantiasa melakukan segala yang diperintahkan Allah kepadanya dan tidak pernah mengkhianati Robnya atau mendurhakai-Nya,
Ayat berikut yang menjelaskan demikian adalah ….
A. اِنَّ اللهَ وَمَلَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِيِّ
B. اِنَّ الصَّلوةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
C. وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلاَةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا
D. وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلئِكَةِ اِنِّى جَاعِلٌ فىِ الْاَرْضِ خَلِيْفَةً
E. لاَّيَعْصُوْنَ اللهَ مَا اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَايُؤْمَرُوْنَ
6. Perhatikan ayat berikut!
وَذَرِ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَعِبًا وَلَهْوًا وَغَرَّتْهُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيا وَذَكِّرْ بِهِ اَنْ تُبْسَلَ نَفْسٌ بِمَا كَسَبَتْ ...
Arti dari ayat yang bergaris bawah adalah …
A. Mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia
B. Kehidupan dunia hanya permainan dan senda gurau
C. Dan tidaklah kehidupan dunia itu kecuali kesenangan yang menipu
D. Tinggalkan orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai mainan dan senda gurau
E. Dan peringatkanlah mereka dengan al-Qur’an agar selamat dari neraka
7. Perhatikan ayat berikut!
أُولئِكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِنْ حَمِيْمٍ وَعَذَابٌ اَلِيْمٌ بمِا كَانُوْا .....
akhir dari Qs. Al-An’am: 70 di atas adalah ….
A. يَعْمَلُوْنَ
B. يَكْفُرُوْنَ
C. يَفْعَلُوْنَ
D. يُشْرِكُوْنَ
E. مُنَافِقُوْنَ
8. QS. Al-An’am:70 menjelaskan bahwa seseorang yang menjadikan agamanya sebagai mainan dan gurauan, maka ia tidak ada pelindung, syafaat dan penolong baginya dan kelak akan mendapat balasan yang menyakitkan, yaitu …
A. Dimasukkan ke dalam neraka jahannam
B. Mendapat siksa yang keras di alam kubur
C. Disiram dengan air mendidih yang menghanguskan tubuh
D. Mendapatkan adzab di kubur dan di neraka
E. Mendapat minuman dari air yang bergolak dan adzab yang pedih
9. Secara umum Qs. An-Nisa’: 36 menjelaskan tentang …
A. Kewajiban manusia kepada Tuhannya
B. Kewajiban manusia terhadap sesamanya
C. Kewajiban manusia kepada Tuhannya dan sesamanya
D. Kewajiban seorang anak kepada orang tuanya
E. Kewajiban seorang suami kepada keluarganya
وَاعْبُدُوْا اللهَ ولاَ تُشْرِكُوْا بِهِ شَيْئًا Kewajiban manusia terhadap Tuhannya menurut ayat di atas adalah …
A. Menghambakan diri dan terus beribadah kepada-Nya
B. Melaksanakan perintah dan menjahui larangan-Nya
C. Meyakini keesaan-Nya dan tidak menyekutukan-Nya
D. Menyembah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun
E. Senantiasa mematuhi perintah-Nya dan tidak mendhalimi-Nya
11. Di bawah ini yang termasuk berbuat baik kepada hamba sahaya (budak) adalah ….
A. Mempekerjakan secara manusiawi
B. Memberi upah sesuai tugasnya
C. Menyayanginya
D. Menganggapnya sebagai anggota keluarganya
E. Membebaskan dari perbudakan
12. Salah satu bentuk berbuat baik kepada orang tua adalah dengan mendo’akannya, Lafadz do’a untuk kedua orang tua itu disebutkan dalam al-Qur’an surat ….
A. An-Nisa’: 36
B. Al-Isra’: 23
C. Luqman: 14
D. Al-Isra’: 24
E. Al Ankabut: 8
13. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri. Ayat yang sesuai dengan terjemah di atas adalah .
A. وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ لَجَعَلَ النَّاسَ اُمَّةً وَاحِدَةً
B. وَمَا كَانَ رَبُّكَ لِيُهْلِكَ الْقُرَى بِظُلْمٍ
C. اِنَّ اللهَ لاَيُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالاً فَخُوْرًا
D. وَمَا الْحَيَوةُ الدُّنْيَا اِلاَّ لَعِبٌ وَلَهْوٌ
E. اِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ
14. Perhatikan ayat berikut!
وَمَا كَانَ رَبُّكَ لِيُهْلِكَ الْقُرَى بِظُلْمٍ وَاَهْلُهَا مُصْلِحوْنَ
Perilaku negative di antara contoh kedhaliman sebagaimana yang dimaksud ayat di atas adalah seperti perilaku kaum Nabi Luth. Di Indonesia belakangan ini adanya keinginan golongan tertentu untuk mengembangkan perilaku kaum Nabi Luth tersebut, yaitu ….
A. LGBT
B. Valentine day
C. Liwath
D. Otoriter dan kesewenangan penguasa
E. Free sex
15. Perhatikan ayat berikut!
(1) وَلِذلِكَ خَلَقَهُمْ
(2) لَاَمْلَاَنَّ جَهَنَّمَ
(3) اِلاَّ مَنْ رَحِمَ رَبُّكَ
(4) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِيْنَ
(5) وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ
Susunan kalimat yang paling tepat sesuai dengan Qs. Hud: 119 berikut ini adalah
A. 3, 5, 1, 4, 2
B. 3, 1, 5, 2, 4
C. 2, 4, 1, 5, 1
D. 4, 1, 5, 2, 3
E. 2, 4, 5, 1, 3
16. Perhatikan hadits berikut!
وَالرَّجُلُ فِيْ اَهْلِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
Isi kandungan hadits di atas adalah ….
A. Setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya
B. Anak akan bertanggungjawab atas harta orang tuanya
C. Pelayan akan bertanggungjawab atas harta majikannya
D. Istri bertanggungjawab atas tugasnya di rumah suaminya
E. Suami bertanggung jawab atas keluarganya
17. Perhatikan hadits berikut!
وَالْخَادِمُ فىِ مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
Perilaku yang sesuai dengan hadits di atas adalah ….
A. Pembantu rumah tangga yang menjaga harta majikannya
B. Ketua kelompok yang mengerjakan tugas kelompoknya
C. Pemilihan pemimpin yang demokratis dan rahasia
D. Pemimin yang menggunakan haknya dengan baik
E. Pemimpin menggunakan anggaran organisasi untuk pribadi
18. Perhatikan hadits berikut!
عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما انه سمع رسول الله ص م يقول: كَلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالْاِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ والرَّجُلُ فىِ اَهْلِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِه والْمَرْاَةُ فىِ بَيْتِ زَوْجِهَا رَاعِيةٌ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا والْخَادِمُ فىِ مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ .
Hadis di atas diriwayatkan oleh ….
A. Bukhari dan Muslim
B. Bukhari
C. Muslim
D. An-Nasa’i
E. At-Turmudzi
19. Ayat yang menjelaskan tentang adanya perbedaan arah kiblat masing-masing umat dalam pelaksanaan ibadah adalah ….
A. وَماَ الْحَيَوةُ الدُّنْيَا اِلاَّ لَعِبٌ وَلَهْوٌ
B. وَلِكُلِّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِيْهَا
C. أُولئِكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا
D. وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلاَةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا
E. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
20. Ayat berikut yang menjelaskan bahwa “Allah akan mengumpulkan semua manusia di hari akhir nanti dimanapun dan dari arah manapun mereka berada dan dimintai pertangungjawaban atas amalnya masing-masing”, adalah ….
A. اَيْنَمَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللهُ جَمِيْعًأ
B. اِنَّ اللهَ عَلَى كُلِّ شَيْءِ قَدِيْرٌ
C. اُوْلَئِكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا
D. وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ لَجَعَلَ النَّاسَ اُمَّةً وَاحِدَةً
E. ولِكُلِّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِيْهَا
21. Perhatikan Qs. Fathir: 32 berikut !
ثُمَّ اَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِيْنَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِاِذْنِ اللهِ ذلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيْرُ ...
Hikmah dari perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut adalah ….
A. Dapat menimbulkan ketenangan jiwa
B. Dapat menghindarkan diri dari kesombongan
C. Dapat meningkatkan kualitas ibadah
D. Dapat menghindarkan diri dari perilaku dhalim
E. Dapat memotivasi diri untuk beramal shalih
22. Maksud lafadz “مُقْتَصِدٌ “ yang terdapat dalam Qs. Fathir: 32 adalah….
A. Berbuat baik sekaligus berbuat maksiat
B. Melaksanakan kewajiban, menjauhi larangan, namun terkadang meninggalkan yang sunnah dan melaksanakan yang makruh
C. Melaksanakan kewajiban dan yang disunnahkan serta menjauhi yang makruh dan haram
D. Cenderung berbuat yang dilarang dan sedikit melaksanakan kewajiban
E. Cenderung melaksanakan perkara yang mubah dan makruh dan sedikit meninggalkan yang diharamkan
23. Sedang maksud lafadz “سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِاِذْنِ اللهِ “ adalah ….
A. Orang yang dermawan
B. Orang yang baik hati
C. Orang yang berakhlakul karimah
D. Orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan
E. Orang yang melakukan kewajiban, perkara sunnah dan juga yang dimakruhkan
24. Syarat diterimannya amal shaleh berdasarkan Qs. An-nahl: 97 adalah ….
A. Bersyukur atas nikmat Allah
B. Mengharapkan pujian
C. Rela berbagi dengan sesame
D. Ikhlas dalam berbuat
E. Keimanan kepada Allah
25. Perhatikan ayat berikut!
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَوةً طَيِّبَةً
Maksud lafadz yang bergaris bawah menurut Ibnu Katsir adalah ….
A. Ketentraman jiwa
B. Hidup sejahtera
C. Mendapat rizki yang halal dan baik
D. Kehidupan yang disertai Qona’ah
E. Hidup yang terhindar dari masalah
26. Lanjutan dari ayat berikut adalah ….
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَوةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا .... (النخل:97)
A. يَفْعَلُوْنَ
B. يَعْمَلُوْنَ
C. يُصْلِحُوْنَ
D. يَعْلَمُوْنَ
E. يُفْلِحُوْنَ
27. Perhatikan hadits berikut!
يَاَيُّهَا النَّاسُ تُوْبُوْا اِلَىَ اللهِ قَبْلَ اَنْ تَمُوْتُوا
Perilaku positif yang sesuai dengan hadits di atas adalah ….
A. Senantiasa beristighfar
B. Memperbanyak membaca shalawat
C. Bertaubat sebelum meninggal
D. Banyak berdzikir kepada Allah
E. Banyak berdo’a dan berdzikir
28. Dalam lafadz hadits “ وَتُنْصَرُوْا وَتُجْبَرُوْا “ menunjukkan bahwa orang yang bersedekah itu akan memperoleh hikmah, yaitu ….
A. Diberi pertolongan dan diperbaiki keadaannya
B. Dimudahkan rizki dan diberi pertolongan
C. Dimaafkan kesalahannya dan dihormati
D. Diperbaiki keadaannya dan dimudahkan rizkinya
E. Diberi pertolongan dan dilapangkan usaha
29. Arti kata yang bergaris bawah pada hadits berikut adalah ….
وَكَثْرَةِ الصَّدَقَةِ فىِ السِّرِّ وَالْعَلاَنِيَةِ
A. Dalam keadaan rahasia dan tersembunyi
B. Dalam keadaan tidak jelas dan meragukan
C. Dalam keadaan rahjasia tapi terpercaya
D. Dalam keadaan rahasia dan terang-terangan
E. Dalam keadaan rapi dan baik
30. Perhatikan ayat berikut!
يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ أمَنُوْا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلاَةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلَى ذِكْرِ اللهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ .
Ayat di atas mengandung maksud jika adzan telah dikumandangkan ….
A. Wajib shalat jumat dan makruh beraktifitas dunia
B. Wajib shalat jumat dan sunnah beraktifitas dunia
C. Wajib shalat jumat dan mubah beraktifitas dunia
D. Mubah menunda shalat jumat dan mubah beraktifitas dunia
E. Wajib shalat jumat dan wajib meninggalkan aktifitas dunia
31. Perintah untuk beraktifitas kembali pada pekerjaan mencari nafkah setelah menunaikan shalat jum’at terdapat pada ….
A. Qs. Al-Jumu’ah : 10
B. Qs. Al Jumu’ah : 9
C. Qs. Al Jumu’ah : 11
D. Qs. Al Jumu’ah : 12
E. Qs. Al Qashas: 77
32. Ketika Nabi Muhammad Saw sedang berkhutbah di hari Jum’at, datanglah kafilah dagang dari Syam, sehingga mayoritas jama’ah bubar. Mereka meninggalkan Nabi Saw berdiri di atas mimbar. Peristiwa tersebut melatar belakangi turunya Qs. Al Jumu’ah ayat ….
A. 10
B. 11
C. 9
D. 8
E. 12
33. Perhatikan ayat berikut!
وَابْتَغِ فِيْمَا اتَاكَ اللهُ الدَّارَ الْاخِرَةَ وَلاَ تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا
Isi kandungan ayat di atas adalah ….
A. Seorang muslim harus lebih mementingkan kehidupan akhirat
B. Seseorang yang hidup di dunia harus bekerja secara maksimal
C. Konsep hidup seimbang untuk kepentingan dunia dan akhirat
D. Dunia bukanlah tujuan akhir kehidupan manusia
E. Mencari nafkah dunia sekedarnya tapi untuk akhirat harus maksimal
34. Allah dalam Al-Qur’an banyak mengingatkan kepada kita agar jangan membuat kerusakan di muka bumi. Ayat berikut yang maknanya demikian adalah ….
A. ظَهَرَ الْفَسَادُ فىِ الْبَرِّ والْبَحْرِ
B. اِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ
C. فَاسْعَوْا اِلَىَ ذِكْرِاللهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ
D. وَلاَ تَبْغِ الْفَسَادَ فىِ الْاَرْضِ
E. وَلاَ تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا
35. Dalam hadits Nabi saw yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari al Miqdam bin Ma’dikarib az-Zubaidi, menjelaskan bahwa seorang suami yang memberikan nafkah halal kepada istri, anak atau bahkan pembantunya, dikategorikan sebagai .
A. Pahala
B. Ibadah
C. Hadiah
D. Penghargaan
E. Sedekah
36. Nabi saw pernah mengajarkan do’a yang sangat indah dan dapat memotivasi kita untuk memiliki etos kerja yang tinggi, yaitu:
اللهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرمِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ .
Arti dari lafadz do’a yang bergaris bawah adalah ….
A. Lemah dan malas
B. Penakut dan kikir
C. Penakut dan pikun
D. Siksa kubur dan fitnah hidup dan mati
E. Bakhil dan pikun
37. Perhatikan ayat berikut!
يَايُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فىِ الْاَرْضِ حَللاً طَيِّبًا وَلاَ تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ اِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌ مُبِيْنٌ .
Makna dari kata yang bergaris bawah pada ayat di atas adalah ….
A. Allah sudah menunjukkan makanan yang halal dan baik
B. Makanlah makanan halal dan baik yang terdapat di bumi
C. Makanan yang halal dan baik sudah pasti dan nikmat
D. Carilah makanan yang memiliki logo halal agar aman bagi tubuh
E. Makanan yang baik akan menyehatkan tubuh dan pikiran
38. Menurut Ibnu Abbas asbabun nuzul Qs. Al Baqarah: 168-169 adalah ….
A. Kebiasaan suatu kaum yang mengharamkan makanan menurut kemauan mereka sendiri
B. Kaum Khadraj yang menghalalkan makan babi
C. Kebiasaan bani Aus yang tidak mau makan jenis makanan tertentu seperti bahirah
D. Kebiasaan kaum Tsaqi’ yang enggan memakan makanan sejenis Washilah
E. Nabi mengharamkan minuman madu
39. Yang dimaksud makanan yang halal adalah ….
A. Makanan yang bergizi dan mengandung protein
B. Makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh manusia
C. Makanan yang tidak mengandung zat yang merusak tubuh
D. Makanan yang waktu disembelih menyebut nama Allah
E. Makanan yang dibolehkan agama secara dzatnya dan hakekatnya
40. Menurut Qs. Al Baqarah: 169, manusia tidak boleh mengikuti langkah-langkah syaitan, karena syaitan sebagaimana berikut ini, kecuali ….
A. Selalu menyuruh melakukan kejahatan
B. Selalu mengajak berbuat keji
C. Selalu memerintah berbuat mungkar
D. Menjadi musuh yang nyata bagi manusia
E. Mempengaruhi agar beribadah kepada Allah
41. Berikut ini adalah jenis makanan yang diharamkan menurut Qs. Al Baqarah: 173, kecuali ….
A. Darah
B. Bangkai
C. Daging babi
D. Binatang yang disembelih karena selain Allah
E. Daging kambing
42. “خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ “ (langkah-langkah syaitan) menurut Ikrimah adalah …
A. Apa saja yang menyalahi isi Al-Qur-an
B. Segala maksiat yang dikerjakan
C. Segala perbuatan buruk
D. Segala rayuan syaitan
E. Dorongan nafsu untuk berbuat maksiat
43. Menyembelih ayam dengan niatan untuk danyang (dewi penghuni) sawah agar panen padinya melimpah dan tidak diserang hama, adalah contoh jenis makanan yang haram sebagaimana yang dimaksud dalam ayat ….
A. اَلْمَيْتَةُ
B. اَالدَّمُ
C. وَمَا اُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللهِ
D. لَحْمَ الْخِنْزِيْرِ
E. بَهِيْمَةٌ
44. Orang-orang Musyrik masih mengimani adanya Allah. Hal ini terbukti dari jawaban mereka atas pertanyaan siapa yang menciptakan langit dan bumi? mereka menjawab seperti yang tersebut dalam ayat ….
A. وَجَعَلَ لَكُمْ فِيْهَا سُبُلاً
B. لَيَقُوْلُنَّ خَلَقَهُنَّ الْعَزِيْزُ الْعَلِيْمُ
C. وَلَّذِى خَلَقَ الْاَزْوَاجَ كُلَّهَا
D. اِذَاسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ
E. لِتَسْتَوُوا عَلَى ظُهُوْرِهِ
45. Do’a naik kendaraan telah diajarkan oleh Allah Swt, sebagaimana yang tersebut dalam ….
A. Qs. Az-Zukhruf: 13
B. Qs. Az-Zukhruf: 12
C. Qs. Az-Zukhruf: 10
D. Qs. Az-Zukhruf: 9
E. Qs. Az-Zukhruf: 8
لاَ يَشْكُرُ اللهَ مَنْ لاَّ يَشْكُرُ النَّاسَ.
Makna yang terkandung dalam hadits di atas adalah “orang yang paling banyak bersyukur kepada Allah adalah orang yang paling banyak ….
A. Bersedekah kepada sesama manusia
B. Beribadah kepada Allah
C. Menyantuni sesama manusia
D. Berterima kasih kepada sesama manusia
E. Menolong kepada manusia yang lain
اُنْظُرُوْا اِلَى مَنْ اَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوْا اِلَى مِنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ اَجْدَرُ اَنْ لاَ تَجْدَرُوا نِعْمَةَ اللهِ (رواه مسلم)
Perilaku yang sesuai dengan kandungan hadits di atas adalah ….
A. Bersikap syukur atas nikmat Allah
B. Berlapang dada atas ketentuan Allah
C. Bersikap qona’ah atas pemberian Allah
D. Bersikap ramah dan santun kepada orang lain
E. Iba melihat penderitaan orang lain
48. Arti dari kata yang bergaris bawah pada ayat berikut adalah ….
اِنَّمَا تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللهِ اَوْثَانًا وَتَخْلُقُوْنَ اِفْكًا.
A. Syaitan
B. Keramat
C. Dusta
D. Dukun
E. Berhala
49. Nikmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia sebagaimana yang disebutkan dalam Qs. Az-zukhruf: 11 adalah ….
A. Menjadikan bumi sebagai tempat menetap
B. Membuat jalan-jalan di atas bumi
C. Menurunkan hujan menurut ukuran tertentu
D. Menciptakan semua berpasang-pasang
E. Menjadikan kapal (alat transportasi laut)
50. Sedangkan nikmat Allah yang berupa alat transportasi darat (binatang ternak) disebutkan dalam ….
A. Qs. Az-Zukhruf: 9.
B. Qs. Az-Zukhruf: 12
C. Qs. Adzariyat: 16
D. Qs. Adzariyat: 56
E. Qs. Al hujurat: 19
Demikian sekilas info
tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif
Akhir Tahun Al-Quran Hadits Kelas 11 MA Tahun 2025. Sermoga ada manfaatnya.
Tidak ada komentar
Posting Komentar